Wednesday, June 5, 2024

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 1.4  BUDAYA POSITIF

IRENEU ANGGARENI, S.Pd

CGP ANGKATAN 10

SMP NEGERI 2 SUKAMULYA

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh 

Selamat bertemu kembali dengan saya dan kali ini saya akan menuliskan tentang jurnal refleksi dwi mingguan saya pada modul 1.4 tentang Budaya Positif. Jurnal refleksi ini harus dituangkan kedalam jurnal refleksi setiap saya menyelesaikan materi setiap modul. dan jurnal refleksi ini merupakan tugas yang wajib harus dilakukan pada pendidikan guru penggerak oleh semua Calon Guru Penggerak. Seperti biasanya saya menuliskan kegiatan refleksi ini saya menggunakan model 4F yaitu:

1. Facts (Peristiwa)

2. Feelings(Perasaan)

3. Findings(Pembelajaran)

4. Future (Penerapan)

Dan marilah kita ikuti satu persatu refleksi saya tentang modul 1.4 budaya positif.

 

1. Facts(Peristiwa)

 

Kegiatan pada modul 1.4 dimulai dari tanggal 14 Mei 2024 saya mempelajari materi mulai dari diri. Pada materi ini saya mempelajari materi dan membuat pertanyaan maupun pernyataan tentang kasus atau persoalan yang diberikan dalam LMS. Kemudian pada tanggal 15 sampai dengan 16 Mei 2024saya mempelajari materi Eksplorasi Konsep . 

 

Materi pada ekspolrasi konsep ini cukup banyak. Disamping mempelajari materi saya juga harus membuat pernyataan yang ada pada materi tersebut.Materinya tentang disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan universal,segitiga restitus, keyakinan kelas, 5 posisi control guru dan juga 5 kebutuhan dasar manusia. Pada tanggal 17 sampai dengan 20 masih dengan eksplorasi konsep  forum diskusi. 

 

Pada tanggal 21 Mei 2024 saya memasuki  ruang kolaborasi, saya mempelajari materi dan menjawab pertanyaan yang ada di LMS Disini saya dan teman-teman calon guru penggerak lain dibimbing Fasilitaor saya yaitu Ibu Dewi Rahmawati,M.Pd dengan didampingi pengajar Pratik Ibu Mina Rabiatul Asiah, M.Pd. Dalam diskusi ini calon guru penggerak memahami konsep budaya positif dan saling berdiskusi memberi masukan dan penguatan serta saling menanggapi. Pada  ruang kolaborasi kali ini dibagi menjadi 3 kelompok ,saya harus mendiskusikan bersama kelompok tentang 4 kasus yang diberikan . 

                                                             



Saya masuk di kelompok 2 bersama Ibu Erna, Ibu Vina, Ibu St. Nurhayarti dan saya sendiri ( Ireneu anggraeni)  Setelah diskusi tentang 4 kasus tersebut  menyiapakan presentasi tentang  4 kasus tersebut. Pada tanggal 22 Mei 2024  saya kembali bersama dengan Fasilitator dan teman guru penggerak lainnya melakukan kegiatan presentasi. Pada saat presentasi calon guru penggerak aktif dalam tanya jawab. Setiap kelompok mempresentasikan dan menanggapi presentasi dari kelompok lain. setelah presentasi tugas kelompok semakin sempurna diunggah ke LMS pada sesi unggah ruang kolaborasi.Pada tanggal 27 Mei   2024 masuk ke demonstrasi kontekstual . saya pada kegiatan ini diminta untuk mempraktikkan segitiga restitusi dengan dua kasus berbeda. Selanjutnya untuk diunggah di LMS. Saat itu saya mempraktikkan kasus murid yang  bertengkar dengan temannya dan murid yang selalu  terlambat ke sekolah.

 

Pada tanngal 29 mei 2024,  saya melakukan kegiatan PI 2 pendampingan individu 2 dengan pengajar prakti Ibu Mina Rabiatul Asiah,M.Pd, Dalam kegitan PI 2 ini pun saya melakukan disksui dengan pemangku sekolah dan rekan sejawat mengenai visi  sekolah dan Prakarsa perubahan. Berkolaborasi dengan kepala sekolah, PKS Kurikulum dan rekan sejawatpun berjalan dengan baik.

                


Pada tanggal 30  Mei 2024 saya masuk pada materi elaborasi pemahaman lewat google meet bersama instruktur nasional Ibu Dyah Sulistyowati. Disini Ibu Dyah Sulistyowati memberikan penguatan tentang modul 1.4 budaya positif ini. kemudian saya diminta untuk membuat koneksi antar materi,mengaitkan materi sebelumnya dengan materi sekarang serta membuat kesimpulan . selain itu saya diminta menjawab pertanyaan panduan dalam materi koneksi materi ini. setelah itu kita diharuskan membuat tabel rancangan aksi nyata . 

                                       



 

Setelah itu semua dilanjutkan untuk membuat aksi nyatanya untuk diunggah di LMS. pada tanggal 31 Mei sampai 14 Juni . Pada tanngal 3 Juni 2024 saya menjalani post tes modul 1 . Saya diberikan waktu satu jam untuk menjawab 20 soal pilihan ganda tentang materi modul 1.

 

2. Feelings(Perasaan)

 

Setelah mempelajari modul 1.4 perasaan saya menjadi sangat senang dan semakin antusias untuk bisa menerapkan materi modul 1.4 ini. Dan pada saat saya menerapkan membuat keyakinan kelas disitulah saya menemukan hal yang berbeda karena dalam pembuatan keyakinan kelas ini murid dengan kesadaraannya mengungkapkan nilai-nilai kebajikan disiplin positif yang akan diyakininya. Pada saat pembuatan keyakinan kelas ini perasaan saya senang karena ternyata murid juga antusias melaksanakannya. Selain itu saya juga senang dalam praktik segitiga restitusi untuk memperbaiki kesalahan murid. Pada saat saya melakukan restitusi itu saya sangat menghargai murid karena mau terbuka dengan permasalahan yang dihadapi dan tentang bagaimana cara memperbaikinya. Sangat senangnya perasaannya  ketika saya bisa melakukan kedua hal tersebuat. Ketika murid melanggar peraturan mereka harus menerima konsekuensi sesuai dengan apa yang kemarin disepakati.

 

3. Findings(Pembelajaran)

 

Pembelajaran bermakna yang saya peroleh setelah mempelajari modul 1.4 budaya positif ini adalah bahwa sebagai calon guru penggerak harus menempatkan diri dalam posisi kontrol yang tepat dalam penerapan budaya positif disekolah yaitu posisi kontrol sebagai manajer dengan manajer dengan menerapkan segitiga restitusi sebagai solusi ketika ada murid yang melanggar keyakinan kelas. 

Karena restitusi menciptakan kondisi murid untuk memperbaiki kesalahan merekabisa kembali pada kelompok mereka dengan karakter yang lebih kuat (Gossen;2004). Dan memang benar hal tersebut dapat menyelesaikan masalah selesai dengan damai dan anak-anakpun tidak kehilangan identitas mereka justru mereka kembali dengan karakter yang lebih kuat dan lebih baik.

 

4. Future(Penerapan)

 

sebagai penerapan kedepan saya adalah sebagai berikut:

·     Berbagi praktik baik kepada rekan sejawat apa yang sudah saya pelajari dan praktekkan

·     membuat keyakinan kelas pada kelas yang lain

·     selalu menerapkan segitiga restitusi untuk memperbaiki kesalahan murid

 

Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 1.4 tentang Budaya Positif.

 

Salam Guru Penggerak !!!

Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh 

No comments:

Post a Comment

  JURNAL REFLEKSI DWI MNGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID     IRENEU ANGGRAENI CGP 10 Kab.Tangerang ...