Sunday, July 28, 2024

 

MULAI DARI DIRI

MODUL 2.3

 

 

Fasilitator                                      : Dewi Rahmawati,M.Pd

Pengajar Praktik                         : Mina Rabiatul Asiah,M.Pd

 CGP                                                :Ireneu Anggraeni CGP 10

 

1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

 Pengalaman    saya ketika mendapatkan supervisi dan di observasi, oleh kepala sekolah,  saya merasa gugup karena kepala sekolah saya sendiri pernah menjadi senior saya di MGMP Bhasa Indonesia karena satu rumpun dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia , Saya merasa tegang karena ingin memberikan yang terbaik dalam pembelajaran dan berinteraksi dengan murid, serta khawatir akan melakukan kesalahan akan tetapi saya berusaha untuk selalu percaya diri, karena sebelumnya telah melakukan persiapan yang matang. Saya menyadari bahwa tegangan tersebut juga dapat menjadi dorongan positif untuk terus berkembang sebagai pendidik. Dalam kesempatan ini, saya memandang observasi sebagai langkah penting dalam perjalanan peningkatan diri dan kualitas pengajaran.Ada apressiasi yang diberikan oleh bapak kepala sekolah terhadap saya,akan tetapi ada juga  masukan dan saran yang positif. Masukan dan saran tersebut saya jadikan evaluasi diri sehingga saya dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan saya dan lebih meningkatkan kemampuan serta kompetensi saya sebagai guru.

 

2. .Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Ketika sesi observasi, Saya hanya berupaya memberikan yang terbaik dalam setiap interaksi dengan murid. Saat itu, saya fokus pada efektivitas pembelajaran dan kualitas interaksi untuk memastikan pengalaman pembelajaran yang maksimal.

Setelah observasi selesai, saya melibatkan diri dalam refleksi mendalam. Saya merenungkan umpan balik yang diberikan dengan cermat, mencari setiap peluang untuk perbaikan, dan berkomitmen untuk menerapkannya dalam praktik pembelajaran sehari-hari.Pendekatan ini menjadi langkah esensial dalam pertumbuhan profesional saya, karena refleksi pasca-observasi memberikan pandangan yang kritis terhadap kualitas pengajaran saya. 

 

3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Menurut saya, proses supervisi akademik yang idela yang dapat membantu saya lebih berkembang sebagai seorang pendidik adalah sebagai berikut :

Pertama-tama, pimpinan yang akan melakukan supervisi harus memberikan contoh dan cara bagaimana melakukan suatu kegiatan pembelajaran ataupun administrasi yang baik serta memberikan poin-poin penilaian yang akan dilakukan.Proses supervisi harus dilakukan secara teratur dan terjadwal, sehingga seorang pendidik akan selalu mempersiapkan diri dengan baik dan perbaikan akan terus terjadi.

 

4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

            Jika saat ini saya menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, posisi saya sehubungan dengan gambaran ideal maka saya berada pada posisi di angka 4. Karena saya sebelumnya saya belum mempunyai pengalaman dalam memberikan supervisi kepada yang lain hanya mempunyai pengalaman ketika diobservasi saja. Serta pengetahuan mengenai hal-hal berkaitan dengan supervise masih kurang banyak, sehingga saya harus terus belajar.

 

5. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Aspek yang saya butuhkan adalah kompetensi teknis dan pedagogik, Kemampuan observasi yang baik, Kemampuan memberikan umpan balik yang efektif, kemampuan analisis dan evaluasi proses pembelajaran yang berlangsung, kemampuan mendengarkan dan keterbukaan, kemampuan berkomunikasi yang efektif, kemampuan memotivasi dan memberikan dukungan dengan baik kepada guru, serta kemampuan coaching yang baik.

 

REFLEKSI

 1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

 

§  Harapan saya setelah mempelajari modul 2.3 ini, saya mampu memahami seluruh materi dan dapat mengikuti serangkaian kegiatan dengan baik sehingga kompetensi saya semakin berkembang. Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, saya juga ingin berlatih menerapkan kegiatan coaching dalam praktik baik di lingkungan sekolah, menjadikan diri saya mempunyai nilai dan peran sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat mewujudkan visi sekolah selaras dengan profil pelajar Pancasila dengan menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas dimulai berkolaborasi dengan sesame guru dan warga sekolah, saling membantu memperbaiki kekurangan dan saling membagikan pemahaman dan pengalaman positif.

 

2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

 

 

1.     Kegiatan:

Coaching/mentoring, yaitu kegiatan yang memfasilitasi guru dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan saya dalam mengajar, serta membantu saya dalam merencanakan upaya perbaikan.

Diskusi dan refleksi, yaitu kegiatan yang memungkinkan saya untuk berdiskusi dengan supervisor atau mentor mengenai pengalaman mengajar, serta merefleksikan pengalaman saya  untuk meningkatkan kemampuan mengajar,Observasi dan umpan balik,

2. Materi:

keterampilan coaching

Keterampilan mengajar, yaitu materi yang berfokus pada pengembangan keterampilan mengajar guru, seperti teknik mengajar, manajemen kelas, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan lain sebagainya.Pengetahuan dan pemahaman kurikulum, yaitu materi yang berfokus pada pemahaman dan penguasaan kurikulum yang diimplementasikan dalam sekolah.Penilaian dan evaluasi, yaitu materi yang berfokus pada pengembangan keterampilan guru dalam melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran siswa, serta pemahaman tentang prinsip-prinsip penilaian yang baik dan benar.

3.  Manfaat:

o   meningkatkan keterampilan coaching untuk teman sejawat

o   Meningkatkan kemampuan mengajar guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

o   Meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran siswa.

o   Meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri guru dalam mengajar.

o   Meningkatkan kemampuan guru untuk melakukan penilaian dan evaluasi pembelajaran siswa secara efektif.

 

Terimakasih

 

No comments:

Post a Comment

  JURNAL REFLEKSI DWI MNGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID     IRENEU ANGGRAENI CGP 10 Kab.Tangerang ...