Friday, May 24, 2024

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

IRENEU ANGGRAENI

CGP KE 10 SMPN 2 SUKAMULYA

KAB.TANGERANG

 

 

 Asalamualaikum, wr.wb

Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 1.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 1. 3 ini dalam artikel ini.

Kegiatan dan pelajaran dalam modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti maka saya akan menuliskan refleksi saya seperti biasanya dengan model 4F yang dapat diterjemahkan model 4P yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:   

1. Facts( Peristiwa)

2. Feelings ( Perasaan)

3. Findings ( Pembelajaran)

4. Future ( Penerapan )

Saya akan tuliskan satu persatu pengalaman dan refleksi saya:

1. Facts(Peristiwa)

Pada  tanggal 25 April 2024  saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila . dan pada eksplorasi konsep saya belajar memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendikan . 

Pada tanggal 30 april saya menjalani googe meet  dalam agenda ruang Kolaborasi Modul 1.3 dengan fasilitator saya yaitu Ibu Dewi Rahmawati , M.Pd  dengan didampingi pengajar Pratik Ibu Mina Rabiatul Asiah, M.Pd. Membahas materi tentang “Pernyataan prakarsa perubahan BAGJA  “. Dalam diskusi dibentuk 2 kelompok. 

Dan saya di kelompok 2  bersama. Ibu vina, ibu yayah, ibu nur, pak upi dan pak suherna jaya Saya dan anggota kelompok yang lain harus merumuskan visi sebagai guru penggerak dan harus disepakati satu kelompok kemudian kita harus membuat sebuah prakarsa perubahan dan kita juga harus membuat tahapan BAGJA nya sesuai dengan prakarsa perubahan kita yang telah disepakati satu kelompok.

Selain itu saya juga belajar memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan. Saya juga belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, gali Mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

Pada tanggal 3 Mei 2024 kita harus mempelajari materi demonstrasi kontekstual dan harus membuat tugasnya, jatuh tempo penugasan mandiri demontrasi Konstektual pada tanggal 13 Mei 2024.

Pada tanggal 4 mei 2024 ­­saya mengikuti Lokakarya 1, bertempat di SMK Islmaic Village Karwaci, dari jam 08.00 sampai jam 15.00, saya belajar dan berdiskusi komunitas Praktisi , Mengidentifikasi Komunikasi Praktisi dan menganalisa Pemetaan Komunitas Praktisi, serta memahami Peran Guru Penggerak dalam menggerakkan Komunitas Praktisi, melihat potensi komunitas Praktisi, materi diberikan secara menarik dan menyenangkan oleh para Pengajar Praktek , dengan diselingi ice breaking dan permainan yang bermakna  dan sangat menyenangkan .



Pada tanggal 8 Mei 2024   kita  melakukan zoom meeting  dengan Instruktur  Bapak Munajat, dalam elaborasi pemahan sebagai penguatan untuk modul 1.3 ini. Disini kita telah belajar antara lain menentukan kalimat visi yang sesuai profil pelajar Pancasila, menentukan prakarsa perubahan yang menantang,bermakna,kontekstual dan relevan, memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari visi yang akan dicapai , membuat tahapan BAGJA untuk rencana perubahan ditempat dimana kita berkarya menggunakan paradigma dan pendekatan inkuiri apresiatif dan menjalankan semua rencana perubahan tersbut ditempat kita berkarya. Di tanggal yang sama saya mulai mengerjakan tugas Koneksi antar materi yang jatuh pengumpulan tugasnya tanggal 15 Mei 2024.

2. Feelings ( Perasaan )

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan. Semangat dan motivasi saya ini akan membuat aura positif dalam menjalankan prakarsa perubahan saya sehingga visi saya akan terwujud. Banyak hal baru yang saya pelajari dalam materi modul 1.3 untuk membuat  visi gambaran untuk mewujudkan murid  yang berkarakter baik dimasa mendatang.

3. Findings ( Pembelajaran)

Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi dan memahami imkuiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan model manajemen perubahan yang merupakan akronim dari Buat pertanyaan utama,Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diadopsi dari model 5D sebagai bagian dari inkuiri apresiati (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). 

Untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada ,namun kita fokuskan pada kekuatan apa yang telah kita miliki sehingga sehingga pemikiran kita diarahkan arah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi sebagai Guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan dan membuat tahapan BAGJA.

4. Future ( Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 ini yaitu tentang visi guru penggerak maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi yaitu "Terwujudnya Siswa Yang Cerdas, Berbudi Pekerti Yang Luhur, Mandiri, Kreatif dan berkarakter Profil Pelajar Pancasila". Dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Mewujudkan kreatiitas dan kemandirian siswa dalam pojok literasi”.Melalui  pojok literasi menumbuhkan kreatifitas  dan kemandirian siswa , juga dapat meningktakan minat membaca siswa.

Demikianlah Jurnal Dwi Mingguan saya terkait modul 1.3 tentang visi Guru Penggerak.

 

Salam Guru Penggerak !!!

Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaratuh

 

 

      

 

No comments:

Post a Comment

  JURNAL REFLEKSI DWI MNGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID     IRENEU ANGGRAENI CGP 10 Kab.Tangerang ...