JURNAL REFLEKSI DWI
MNGGUAN
MODUL 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA
MURID
IRENEU ANGGRAENI
CGP 10 Kab.Tangerang
Saya menggunakan metode 4f (facts, Feeling, Finding, Future).
Refleksi ini bertujuan melihat kembali perspektif atau cara pandang kita
tentang program yang berdampak positif pada murid.
1. Facts
Di dalam modul ini, saya mengeksplorasi bagaimana sesungguhnya
kita sebagai guru dapat mendorong student agency (yang dalam modul ini
diterjemahkan sebagai kepemimpinan murid) dalam pengelolaan program-program di
sekolah. Mendorong kepemimpinan murid dalam program sekolah bukan hanya
memungkinkan murid untuk belajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab,
berdaya, dan kontributif, namun, pengalaman dan kebermaknaan yang mereka
dapatkan dari proses belajar mereka dalam program-program sekolah tersebut
sesungguhnya akan memberikan bekal untuk mereka menjadi seorang pembelajar
sepanjang hayat, sehingga, ketika kita berbicara tentang dampak, maka dampak
positif dari proses belajar yang dilalui oleh murid-murid kita saat ini
tentunya akan dapat terus dirasakan oleh mereka di sepanjang hidupnya.dan
tentunya dimulai dari diri.Capaian pembelajaran secar umum dalam mempelajari
modul ini bagi kami yaitu ; CGP menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam
pembelajaran, CGP mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung
tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya
sendiri, CGP menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan
sekolah.
Sementara Capaian Pembelajaran Khusus adalah ; Menunjukkan
pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar
Pancasila, Menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara,
pilihan, dan kepemilikan murid, Menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan
kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program
intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan
yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, Mengidentifikasi strategi pelibatan
komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid,
dan Merancang sebuah Prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah
program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan
model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.
2. Feeling
Saya sangat excited dan senang saat mendalami modul 3.3 ini
karena banyak ilmu yang saya dapatkan khususnya saat berbagi pengalaman ,
berbagi praktik baik di ruang kolaborasi dan yang menarik adalah kami CGP
bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh
(gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan
kepemimpinan murid)
3. Finding
Pembelajaran yang saya dapatkan pada modul ini khususnya pada
bagian Eksplorasi Konsep 1 yaitu mengkonstruksi pemahaman saya tentang
kepemimpinan murid (students agency), Suara, Pilihan dan Kepemilikan murid
dalam konsep kepemimpinan murid, Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya
kepemimpinan murid, dan bagaimana melibatkan komunitas untuk mendukung
tumbuhnya kepemimpinan murid.Sementara itu pada pembelajaran di Eksplorasi
Konsep 2 melalui diskusi asinkron saya mengembangkan pemahaman yang lebih dalam
tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid, dilanjutkan dengan menemukenali
aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau
kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi kami.
Pada Demonstrasi Kontekstual, kami membuat sebuah prakarsa
perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model
manajemen perubahan BAGJA. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya
jawab dengan instruktur dalam elaborasi pemahaman terkait dengan program atau
kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan kepemimpinan murid.Kegiatan ini diakhiri
dengan aksi nyata yaitu menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil
Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat
sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.
4. Future
Setelah mempelajari modul ini saya berharap dapat menghadirkan
program-program kepemimpinan murid yang lebih inovatif dan berdampak secara
langsung dan berkelanjutan baik dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler
dan kokurikuler dengan mengutamakan aspek Suara Pilihan,dan Kepemilikan murid. Dengan tujuan untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan
dalam diri peserta didik.
Demikian jurnal refleksi saya
di modul 3.3 ini, semoga ilmu yang saya dapatkan bisa diimplementasikan secara
holistic di lingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari.
TERIMA KASIH
Bergerak, Tergerak, Menggerakkan !!

No comments:
Post a Comment